Sabtu, 09 Maret 2013

Metode Berorientasi Objek (Objek & Class)


Mata Kuliah Metode Berorientasi Objek, Khususnya tentang apa sih itu Objek dan Class
analogi attribute & method

Wokeeh, postingan kali ini saya akan mengulas tentang Mata Kuliah Metode Berorientasi Objek, Khususnya tentang apa sih itu Objek dan Class. Tapi akan saya bahas terlebih dahulu tentang metode / metodologi terlebih dahulu, sebagai pendahuluan postingan tentang Mata Kuliah Metode Berorientasi Objek.    

Metodologi merupakan sekumpulan aturan/panduan penerapan dan sekumpulan heuristic untuk menentukan kapan suatu tahapan dianggap lengkap. Dalam MBO terdapat istilah tahapan yang merupakan batas fase perkembangan pada siklus hidup perangkat lunak. Tahapan awal pengembangan suatu perangkat lunak hendaknya mencerminkan persoalan-persoalan nyata, dan tahapan akhir mencerminkan hasil/produk. Suatu metode dianggap baik apabila menyediakan produk terdefinisi untuk setiap tahapan (chart, diagram checklist) dan menggunakannya sebagai tool yang benar.
Suatu proses dalam suatu metodologi dianggap baik apabila :
• Menyediakan mekanisme semi-otomatis dalam pencarian konsep persoalan yang akan dipecahkan.
• Menyajikan mekanisme pengujian di setiap tahapan proses.

** Objek
          Sebuah objek adalah suatu entitas yang memiliki identitas,status dan prilaku. pada pemograman berorientasi objek, objek adalah sebuah entitas pada saat runtime, sebuah objek dapat diciptakan, dimanipulasi, dan dimusnahkan. Objek juga merupakan bentuk representasi dari sebuah kelas, membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit atau entitas dalam sebuah program komputer. pada dasarnya ada 2 karakteristik yang utama pada sebuah objek:
1. Objek memiliki attribut sebagai status yang disebut Stat
2. Objek memiliki tingkahlaku yang kemudian disebut Method

Contoh sederhananya :
Objek motor memiliki attribute : Roda, Warna, Merk,. Kemudian objek motor tersebut memiliki tingkahlaku / method : pindah gerigi, kecepatan menaik, kecepatan menurun.
contoh objek :
-          Anjing, kucing, kuda : dari kelas binatang
-          Sepeda motor, mobil, pesawat, kapal : dari kelas kendaraan.
-          Batu, air, api, udara : dari kelas benda. dsb


** Class
         Class merupakan sekumpulan objek yang memiliki attribute yang sama, attribute disini bisa berupa data atau konstanta/property misalnya pendefinisian static pada bahasa c++. Pada class terdapat 2 jenis member yaitu: Data Member (representasi internal class) dan function member. Member –member pada class memiliki beberapa hak akses, diantaranya:
1. Public (dapat diakses oleh fungsi diluar kelas.
2. Private
3. Protected
4. Friend
Dalam pemograman class ini dapat diumpamakan: Class Vs Object = Type Vs Variabel.

         Class juga merupakan kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu dimana didalamnya terdapat kumpulan atribut dan method, contoh kelas : binatang, kendaraan, benda dsb.

Beberapa karakter dalam pemograman berorientasi objek :
1. Abstraksi
2. Enkapsulasi (information hiding/pembungkusan)
3. Pewarisan / Inheritance
4. Polimorphisme (Pemanipulasian objek secara seragam dengan tipe yang berbeda).
5. Dll.

Beberapa keunggulan dari pemograman berorientasi objek adalah :
1. Meningkatkan produktivitas
2. Meningkatkan kecepatan pengembangan
3. Meningkatkan Kualitas
4. Kemudahan dalam pemeliharaan

Nah mungkin cukup itu dulu yang bisa saya ulas untuk postingan tentang Mata Kuliah Metode Berorientasi Objek, Khususnya tentang apa sih itu Objek dan Class.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;