Senin, 11 Maret 2013

Internet Dasar ( Tugas1)


Internet Dasar ( Tugas1), samsulramdan20.blogspot.com
1. Bagaimana sejarah internet?
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
Sejarah internet
Berikut sejarah kemunculan dan perkembangan internet. Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer.

Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan "at" atau "pada". Tahun 1973, jaringan komputer ARPANETmulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex. Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link. Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET. Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih. Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web. Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

2. Sebutkan 10 jenis aplikasi yang terhubung ke dengan internet dan kategorikan aplikasi tersebut, apakah aplikasi tersebut termasuk aplikasi destkop atau berbasis web, dan bahasa pemrograman apakah yang digunakan dalam pembuatan masing-masing aplikasi tersebut?

·         Aplikasi Internet World Wide Web (www)
WWW adalah berkas dokumen yang disimpan di komputer induk [server] di seluruh dunia. Pada umumnya berkas dokumen ini dibuat dengan menggunakan format bahasa HTML. WWW merupakan aplikasi berbasis web.

·        Aplikasi Internet Email
Surat elektronik [email] merupakan aplikasi internet untuk berkomunikasi. Layanan email dikelompokkan dalam basis client dan email berbasis web. Umumnya outlook express untuk yahoo dan thunderbird untuk google. Jadi, tanpa membuka Yahoo atau Gmail. Cukup dari outlook atau thunderbird Anda sudah bisa menjawab email selagi komputer/laptop terkoneksi dengan internet.

·        Internet Relay Chat (IRC)
IRC adalah salah satu jenis program chat yang paling tua, untuk dapat melakukan komunikasi chat menggunakan IRC, seseorang harus menggunakan program seperti mIRC, atau masuk ke sebuah web yang memiliki fitur java. Di dalam IRC seseorang melakukan chat di dalam channel yang terdapat di dalam server tersebut.

·        Instant Messenger
Instan Messenger adalah sebuah program komunikasi secara cepat dan langsung oleh dua orang atau lebih dalam jaringan Internet. Program Instant Messenger belakangan ini amat marak dan mengalami kemajuan yang pesat. Komunikasi yang dapat dilakukan menggunakan program Instant Messenger tidak saja sebatas teks, namun juga sudah dapat menggunakan suara dan bahkan video.

·       P2P (Peer to Peer)
P2P adalah kependekan dari peer to peer. Prinsip kerja dari P2P adalah membuat koneksi secara langsung antara satu komputer dengan komputer lain tanpa melibatkan server tertentu. Program P2P berguna untuk tujuan file sharing seperti file MP3, video, gambar, dan lain-lain. Program P2P pertama adalah Napster yang kasusnya cukup heboh dan mendapat tantangan hebat dari kalangan industri musik perihal pelanggaran hak cipta lagu. Saat ini ada banyak program sejenis P2P yang menawarkan beragam kemampuan untuk melakukan fungsi file sharing.

·       Download Manager
Download manager adalah sebuah program yang khusus dirancang untuk mendownload file dari Internet. Menggunakan program download manager untuk melakukan download file sangat nyaman, seperti dapat memantau proses download secara rapi, dapat mendownload file lebih cepat karena umumnya program download manager memiliki kemampuan mencari site mirror otomatis, dan terakhir kita dapat melanjutkan download file apabila terhenti di tengah jalan tanpa memulai dari nol lagi.

·       Internet TV dan Radio
Menyaksikan siaran televisi dan radio dewasa ini dapat kita lakukan via Internet. Internet memiliki jangkauan yang amat luas dibandingkan penyiaran konvensional. Siaran televisi dan radio di banyak negara dapat kita tonton dan dengar secara langsung dengan hanya memilih dari daftar channel yang ada. Perlu diperhatikan untuk dapat menonton siaran TV secara baik, maka diperlukan konksi Internet yang cepat.

·       File Transfer
File Transfer adalah aplikasi yang memungkinkan seseorang men-transfer file data-nya dari satu komputer ke komputer lain dalam jaringan internet. Misalnya mengambil file dari suatu lokasi (download) atau mengirim file kesuatu lokasi (upload). Suatu protokol internet yaitu FTP (file transfer protocol) melayani proses pemindahan ini. File-file besar biasanya dikompress dulu sebelum disediakan dalam suatu FTP server, dalam format zip, tar.gz, atau hqx.

·       Online Banking
Beberapa bank kini menyajikan layanan online melalui internet, dimana nasabah dapat mendapatkan informasi tentang berbagai urusan perbankan, dan juga bisa untuk memeriksa rekening tanpa perlu ke bank. Masalah utama adalah masalah keamanan data, dimana rekening seseorang bisa dibobol, dsb.

·        Internet Telephony
Telepon internet dikenal juga sebagai IPhone, NetPhone, atau VOIP (Voice Over Internet Protocol), adalah usaha untuk melakukan koneksi telepon melalu internet. Keuntungan Voip adalah kemungkinan biaya murah untuk telepon jarak jauh (interlokal), bahkan bisa gratis bila dilakukan oleh dua orang yang terhubung ke internet, kemudian menggunakan microphone dan speaker yang ada pada komputernya untuk melakukan percakapan. Kelemahan-nya adalah kualitas suara yang mungkin buruk akibat rintangan dalam jaringan internet yang sibuk. Perusahan telepon seperti Telkom di Indonesia melarang voip untuk dijadikan bisnis per-orangan, karena bisnis komunikasi hanya bisa dilakukan oleh perusahaan komunikasi.

3. Mengapa website dapat bekerja melalui internet? jelaskan?
Karena sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat internet yang dikenali sebagai URL. Intinya adalah karena adanya hubungan yang terjadi antara website dengan jaringan. Salah satu contohnya melalui web hosting.
Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya lewat web / situs Internet. Tempat dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan. Inilah yang menyebabkan sebuah website dapat diakses bersamaan dalam satu waktu oleh multi user dan dapat bekerja melalui internet.

4. Sebutkan jenis-jenis IP Address?
·         Kelas A
Fungsi Kelas A adalah Jaringan yang berukuran sangat besar, yang pada tiap jaringannya terdapat sekitar 16 juta host.
Formatnya :
-Format : 0nnnnnnn.hhhhhhhh.hhhhhhhh.hhhhhhhh
Bit pertama : 0
Panjang Network ID : 8 bit
Panjang Host ID : 24 bit
Byte pertama : 0 – 127
Jumlah : 126 kelas A (0 dan 127 dicadangkan)
Range IP : 1.xxx.xxx.xxx sampai 126.xxx.xxx.xxx
Jumlah IP : 16.777.214 IP address pada tiap kelas A

·         Kelas B
Fungsi Kelas B adalah jaringan dengan ukuran sedang-besar.
Format : 10nnnnnn.nnnnnnnn.hhhhhhhh.hhhhhhhh
2 bit pertama : 10
Panjang Network ID : 16 bit
Panjang Host ID : 16 bit
Byte pertama : 128 – 191
Jumlah : 16.384 kelas B
Range IP : 128.0.xxx.xxx sampai 191.155.xxx.xxx
Jumlah IP : 65.535 IP address pada tiap kelas B

·         Kelas C
Fungsi kelas C adalah untuk jaringan berukuran kecil.
Format : 110nnnnn.nnnnnnnn.nnnnnnnn.hhhhhhhh
3 bit pertama : 110
Panjang Network ID : 24 bit
Panjang Host ID : 8 bit
Byte pertama : 192 – 223
Jumlah : 2.097.152 kelas C
Range IP : 192.0.0.xxx sampai 223.255.255.xxx
Jumlah IP : 254 IP address pada tiap kelas C

·         Kelas D
Fungsi kelas D digunakan untuk keperluan multicasting dan tidak mengenal adanya Net-ID dan Host-ID
4 Bit Pertama : 1110
Byte Inisial : 224 – 247

·        Kelas E
Fungsi kelas E adalah ini digunakan untuk keperluan Eksperimental
4 Bit Pertama : 1111
Byte Inisial : 248 – 255


3 komentar:

Muhammad Taufiq Aminullah mengatakan...

tugas apa ini kaka?

Unknown mengatakan...

copas 2 . 3

Unknown mengatakan...

gan sumber nya dari mana

Posting Komentar

 
;