Rabu, 12 Juni 2013 0 komentar

UAS MBO [Diagram UML Game Domino]

1. USE CASE DIAGRAM


0 komentar

Diagram Sistematik

Terkadang kita bingung ketika akan memulai sesuatu dan membayangkan hasil akhir dari suatu pekerjaan yang sudah dimulai. Tidak jarang pula kita kebingungan di tengah jalan akibat kesalahan prediksi proses yang sedang dibangun di tengah jalan. Ketika kita sedang menulis sering pula kehilangan ‘flow ’cerita yang sedang kita buat hingga akhirnya selesai dengan tulisan yang kurang terarah pada hasil akhir yang sebelumnya dibayangkan.
Saya pernah membaca buku tentang System Thinking (lupa judul bukunya)pada buku tersebut dijelaskan bahwa penyelesaian suatu masalah dapat kita modelkan dalam suatu pemikiran sistemik. Seperti pada diagram blok di atas, kita dapat memodelkannya kedalam inputsystem, dan output.Input di sini adalah masalah sedangkan output -nya adalah penyelesaian masalah. Di dalam system kita memproses informasi dari input untuk kemudian disesuaikan agar diperoleh  output yang diinginkan. Artinya sebelum memulai penyelesaian masalah harus didefinisikan terlebih dahulu input dan output-nya. Dengan demikian kita mempunyai gambaran jelas tentang permasalahannya dan bisa membayangkan hasil akhirnya. Barulah kemudian mendesain sebuah sistem untuk mencapai hasil akhir yang diinginkan.
0 komentar

Tool UML


Software yang mendukung UML:

Rational Rose (www.rational.com)
Together (www.togethersoft.com)
Object Domain (www.objectdomain.com)
Jvision (www.object-insight.com)
Objecteering (www.objecteering.com)
MagicDraw (www.nomagic.com/magicdrawuml)
Visual Object Modeller (www.visualobject.com)
0 komentar

Langkah - Langkah Penggunaan UML


1. Buatlah daftar business process
2. Petakan use case untuk tiap business process.
3. Buatlah deployment diagram untuk mendefinisikan arsitektur fisik sistem.
4. Definisikan requirement lain yang harus disediakan
5. Berdasarkan use case diagram, mulailah membuat activity diagram.
6. Definisikan objek (package atau domain) dan buatlah sequence/collaboration diagram untuk tiap alir pekerjaan.
7. Buatlah rancangan user interface model untuk menjalankan skenario use case.
8. Buatlah class diagram.
9. Melihat kemungkinan pengelompokan class
10. Perhalus rancangan Deployment diagram
11. Mulailah membangun sistem.( ada 2 pendekatan) yaitu :

  • Pendekatan use case
  • Pendekatan komponen

12. uji modul dan uji integrasi serta perbaiki model berserta codenya.
13. Piranti lunak siap dirilis.
0 komentar

Sejarah Singkat UML


UML (Unified Modeling Language) adalah bahasa yang berdasarkan grafik atau gambar untuk memvisualisasi, menspesifikasikan, membangun dan pendokumentasian dari sebuah sistem pengembangan software berbasis OO (Object Oriented).

UML sendiri juga memberikan standar penulisan sebuah sistem blue print, yang meliputi konsep bisnis proses, penulisan kelas – kelas dalam bahasa program yang spesifik, skema database dan komponen – komponen yang diperlukan dalam software.

Pendekatan analisa dan rancangan dengan menggunakan model OO mulai diperkenalkan sekitar pertengahan tahun 1970 hingga akhir 1980 dikarenakan pada saat itu aplikasi software sudah meningkat dan mulai komplek. Jumlah yang menggunakan metode OO mulai diuji cobakan dan diaplikasikan antara tahun 1989 – 1994, seperti halnya oleh grady Booch dari Rational Sotfware Co., serta James Rumbaugh dari General Electric, dikenal dengan OMT (Object Modelling Technique).

Minggu, 09 Juni 2013 9 komentar

Permainan Domino Sederhana dengan Java



Berikut adalah Source Code nya :
0 komentar

Game Gapleh dengan HTML 5


Berikut Source Code Game Gapleh diatas : 
Sabtu, 08 Juni 2013 0 komentar

Use Case Diagram Perekaman Informasi untuk Kepentingan Negara (Tugas)



0 komentar

Use Case Diagram Login/Logout



0 komentar

Praktek: Membangun aplikasi Client-Server dengan metode RMI di java


Buat Projek untuk client server di netbeans, seperti berikut, :

package com.echo.clientserver.sayhello.server;

import java.rmi.RemoteException;
import java.rmi.registry.LocateRegistry;
import java.rmi.registry.Registry;

/**
 *
 * @author samsul
 */
public class Main {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
0 komentar

Multithreading

Multithreading mengacu kepada dua atau lebih task (tugas, thread) yang berjalan (sedang dieksekusi) di dalam satu program. Thread merupakan suatu path eksekusi independen di dalam program. Banyak thread dapat nerjalan secara konkuren (berbarengan) di dalam program. Setiap thread di dalam Java dibuat dan dikendalikan oleh kelas java.lang.Thread. Suatu program Java dapat mempunyai banyak thread, dan thread-thread ini dapat berjalan secara bersamaan, secara asinkron atau sinkron.

Multithreading mempunyai beberapa keuntungan, dibandingkan multiprocessing, di antaranya:

Thread bersifat lightweight, sedangkan proses lebih berat. Perlu diketahui bahwa proses adalah program yang sedang berada di memory atau processor, sedang dieksekusi. Thread dapat diartikan sebagai anak dari proses.
Thread-thread berbagi pakai ruang alamat yang sama dan karena itu dapat berbagi pakai data dan kode (instruksi)
0 komentar

Socket Connection


Pengertian Socket

Socket adalah sebuah Class yang disediakan oleh beberapa bahasa pemrograman. Dengan socket, sebuah aplikasi di suatu komputer dapat Tentu saja aplikasi di komputer yang dihubungi menerima koneksi juga menggunakan socket. Dengan kata lain socket adalah suatu Class yang digunakan oleh aplikasi untuk saling berhubungan. berikut ini menunjukkan bagaimana suatu aplikasi berhubungan dengan aplikasi lainnya. Paradigma pada aplikasi jaringan berlaku model client-server. Aplikasi yang menginisialisasi koneksi, disebut aplikasi client. Sedangkan aplikasi yang menerima inisialisasi disebut sebagai aplikasi server. Oleh karena itu, jika kita membangun suatu aplikasi jaringan yang lengkap, maka kita harus membuat aplikasi client maupun aplikasi server.
0 komentar

Praktek Client-Server: Membuat Aplikasi Client Server Sederhana Berbasis Java


Buatlah sebuah project aplikasi di Netbeans atau di eclipse (tergantung anda) dengan Source Code untuk Server adalah sbb:

package client_server;

/**

*

* @author samsul

*/

import java.io.IOException;

import java.io.ObjectInputStream;

import java.io.ObjectOutputStream;

import java.net.ServerSocket;

import java.net.Socket;

import java.util.logging.Level;

import java.util.logging.Logger;

public class Client_Server {

/**

* @param args the command line arguments

*/

0 komentar

RPC ( Remote Procedure Call )


1.        Definisi
RPC adalah sebuah metode yang memungkinkan kita untuk mengakses sebuah prosedur yang berada di komputer lain. Untuk dapat melakukan ini sebuah server harus menyediakan layanan remote procedure. Pendekatan yang dilakukan adalah sebuah server membuka socket, lalu menunggu client yang meminta prosedur yang disediakan server. RPC masih menggunakan cara primtif dalam pemrograman yaitu menggunakan paradigma procedural programming.

2.        Tujuan
RPC digunakan untuk administrasi sistem sehingga seorang administrator jaringan dapat mengakses sistemnya dan mengelola sistemnya darimna saja, selama sistemnya terhubung ke jaringan.

3.        Socket
RPC menggunakan socket untuk berkomunikasi dengan proses lainnya.

4.         Cara Kerja RPC
Tiap prosedur yang dipanggil dalam RPC, maka proses ini harus berkoneksi dengan server remote dengan mengirimkan semua parameter yang dibutuhkan, menunggu balasan dari server dan melakukan proses kemudian selesai. Proses di atas disebut juga dengan stub pada sisi klien. Sedangkan Stub pada sisi server adalah proses menunggu tiap message yang berisi permintaan mengenai prosedur tertentu.
0 komentar

Sistem Terdistribusi


Sistem Terdistribusi adalah Sekumpulan komputer otonom yang terhubung
ke suatu jaringan, dimana bagi pengguna sistem terlihat sebagai satu komputer.
Maksud komputer otonomi adalah walaupun komputer tidak terhubung
ke jaringan, komputer tersebut tetap data berjalan.
Dengan menjalankan sistem terdistribusi, komputer dapat melakukan :

Koordinasi Aktifitas
Berbagi sumber daya : hardware, software dan data
Dengan definisi tersebut diatas maka internet sesungguhnya bukanlah suatu
sistem terdistribusi, melainkan infrastruktur dimana sistem terdistribusi
dapat di aplikasikan pada jaringan tersebut.

Contoh Sistem Terdistribusi

1.  Sistem Telepon
- ISDN, PSTN

2.  Manajemen Jaringan
- Adminstrasi ke sumber jaringan

0 komentar

RMI (Remote Method Invocation)


1.        Definisi
RMI adalah sebuah tekhnik pemanggilan method remote yang lebih secara umum lebih baik dari RPC. RMI menggunakan paradigma pemrograman berorientasi obyek. RMI memungkinkan kita untuk mengirim obyek sebagai parameter dari remote method. Dengan dibolehkannya program Java memanggil method pada remote obyek, RMI membuat pengguna dapat mengembangkan aplikasi Java yang terdistribusi pada jaringan.

2.        Tujuan

  • Menyediakan fasilitas bagi programmer untuk dapat mendistribusikan objek yang digunakan pada beberapa proses yang berbeda.
  • Dapat berjalan dalam satu mesin ataupun di beberapa mesin yang terhubung dengan jaringan.

3.        Aplikasi Obyek Terdistribusi
Aplikasi RMI sering kali terdiri dari dua program terpisah yaitu server dan client.
0 komentar

Sistem Client Server Pertemuan I


Sisitem client server adalah suatu sistem dimana salah satu dari komputer menjadi sebuah pelayan atau sumber yang diperlukan untuk memnuhi kebutuhan komputer lainnya, kebutuhan disini adalah kebutuhan dari perangkat-perangkat lunak atau aplikasi yang apabila tidak ada server maka komputer yang dilayani tidak akan berjalan sesuai dengan kebutuhan. Contohnya adalah webserver, dns server, dan lain sebagainya.

Hubungan antara 2 komputer yang media koneksinya langsung menggunakan media konektor tertentu tanpa menggunakan perantara disebut koneksi peer to peer (p2p).

Apabila kita menggunakan hubungan dengan p2p kita bisa gambarkan seperti di bawah ini.


Dalam koneksi p2p biasanya tidak memerlukan server, kalau cuma untuk sharing data saja.
 
;