Minggu, 17 November 2013 0 komentar

JAWABAN UJIAN TENGAH SEMESTER PBO [UTS PBO]

USE CASE DIAGRAM



SEQUENCE DIAGRAM

Rabu, 13 November 2013 0 komentar

STRUKTUR PEMROGRAMAN DAN LOGIKA JAVA [MATERI PBO 5]

My First Java
// contoh program sederhana
public class salam
{
                public static void main(String[] args)
                {
                System.out.println(“Selamat datang di JAVA programming”);
                }
}

Aturan Dasar
·         Aturan Dasar dari penggunaan sintaks bahasa JAVA
·         AVA bersifat case-sensitive
·         Secara umum JAVA mengabaikan spasi kosong (karakter yang tidak muncul pada layar, mis kosong, tab, baris baru)
·         Brace { } adalah simbol pengelompokkan dalam JAVA yang menandai awal dan akhir bagian suatu program.
·         Setiap pernyataan JAVA diakhiri dengan simbol ;
·         Simbol // membuat sebuah baris komentar
                Simbol /* …*/ membatasi bagian awal dan akhir suatu komentar
·         JAVA memiliki beberapa kata yang dicadangkan dan tidak bisa digunakan dalam ekspresi biasa.
                Kata-kata tersebut disebut keyword.
·         Kelas pertama dalam sebuah program JAVA (disebut kelas pengendali) harus memiliki nama yang sama dengan file di mana ia disimpan.
0 komentar

ATTRIBUTE [MATERI PBO 4]

TERMINOLOGI
·         Sifat, karakteristik, kualitas, yang menjelaskan suatu benda.
·         Dalam OOA (Object Oriented Analysis), attribute adalah data mengenai keadaan/kondisi suatu
obyek (state information), dimana setiap obyek memiliki nilainya sendiri-sendiri.
·         Attribute menjelaskan nilai-nilai yang tersimpan dalam suatu obyek.
·         Sifat attribute lebih mudah berubah dibandingkan dengan problem domain.

NOTASI
Attribute
HOW
·         identifikasi attribute
·         perhatikan letak attribute
·         identifikasi instance connection
·         cek kasus-kasus khusus
·         menentukan/menetapkan attribute
0 komentar

TENTANG CLASS [MATERI PBO 3]

Dalam object oriented programming kita mulai mengenal adanya class & object. Class adalah sebuah bagian dari program , yang memiliki semua atribut atribut seperti halnya yang dimiliki oleh program biasa akan tetapi class tidak bersifat “Main” atau utama, sehingga sebuah class tidak akan bisa dirun dan dieksekusi tanpa menggunakan main class, atau class utama. Pada pemrograman struktural kita menaruh kodingan kita pada main class sehingga kita langsung bisa mengkompile dan mengeksekusi program kita tersebut, dimana pada pemrograman berorientasi object sekarang ini kita akan mulai menggunakan class untuk menaruh program kita, sehingga program kita dapat digunakan kembali dan dipadukan dengan program program lain oleh orang lain.
Ketika menggunakan class, kita tidak dapat menyamakannya seperti saat kita memprogram dengan basis pemrograman struktural. Class disini hanya bersifat sebagi cetakan atau “blueprint” dari program yang kita buat, untuk dapat mengeksekusi sebuah class kita harus melakukan “instansiasi” yaitu membuat sebuah object dari class yang telah kita buat. Untuk lebih mudahnya kita ibaratkan sebuah class adalah sebuah cetakan roti dan roti adalah sebuah object dimana proses pembuatan roti disebut sebagai instansiasi. Dalam hal ini sama halnya seperti cetakan roti, sebuah class juga bisa digunakan berkali kali untuk membuat sebuah object, dimana satu object dengan yang lainnya tidaklah memiliki keterkaitan meskipun berasal dari kelas yang sama.
0 komentar

ANALISA DAN PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK [MATERI PBO 2]

Analisa dan Perancangan
Berorientasi Obyek

METODE ANALISIS
Biasanya analisa sistem dimulai dengan adanya dokumen permintaan (requirement) yang diperoleh dari semua pihak yang berkepentingan. (Mis: klien, developer, pakar, dll)
Dokumen permintaan memiliki 2 fungsi:
·         memformulasikan kebutuhan klien
·         membuat suatu daftar tugas

Ada beberapa pendekatan yang biasa digunakan dalam menganalisa suatu sistem, yaitu:
Functional Decomposition
Data Flow Approach
Object Oriented

Functional Decomposition
Functional Decomposition = function
                                    + sub-functions
                                    + functions interfaces

0 komentar

KONSEP DASAR OBJEK [MATERI PBO 1]

Konsep Dasar Obyek
Apa Itu Object?
A thing you can interact with (Pooley R)
A person or thing to which action, thought or feeling is directed. (Webster Dictionary)
Suatu produk materi atau substansi yang kelihatan (visible) dan dapat diukur (tangible)

Object Type adalah suatu kategori obyek
Object Type dapat berupa:
• concrete         ->  manusia, pensil, mobil, mesin
• intangible        ->  waktu, kualitas, ide, account
• Roles             ->  dokter, pasien, pemilik, administrator data
• judgments      ->  gaji tinggi, pekerjaan produktif
• relational        ->  pernikahan, partnership, ownership
• events            ->  penjualan, system crash
• displayable     ->  string, integer, icon, image

TEORI KLASIFIKASI
Dalam usahanya memahami dunia yang ada disekitarnya, manusia menggunakan 3 macam metode pengorganisasian dalam berpikir (Encyclopaedia Britannica, 1986):
• pembedaan suatu obyek tertentu berdasarkan atributnya
• pembagian suatu obyek dengan bagian-bagiannya
• pengelompokan obyek-obyek yang memiliki kesamaan

 
;