Rabu, 13 November 2013

TENTANG CLASS [MATERI PBO 3]

Dalam object oriented programming kita mulai mengenal adanya class & object. Class adalah sebuah bagian dari program , yang memiliki semua atribut atribut seperti halnya yang dimiliki oleh program biasa akan tetapi class tidak bersifat “Main” atau utama, sehingga sebuah class tidak akan bisa dirun dan dieksekusi tanpa menggunakan main class, atau class utama. Pada pemrograman struktural kita menaruh kodingan kita pada main class sehingga kita langsung bisa mengkompile dan mengeksekusi program kita tersebut, dimana pada pemrograman berorientasi object sekarang ini kita akan mulai menggunakan class untuk menaruh program kita, sehingga program kita dapat digunakan kembali dan dipadukan dengan program program lain oleh orang lain.
Ketika menggunakan class, kita tidak dapat menyamakannya seperti saat kita memprogram dengan basis pemrograman struktural. Class disini hanya bersifat sebagi cetakan atau “blueprint” dari program yang kita buat, untuk dapat mengeksekusi sebuah class kita harus melakukan “instansiasi” yaitu membuat sebuah object dari class yang telah kita buat. Untuk lebih mudahnya kita ibaratkan sebuah class adalah sebuah cetakan roti dan roti adalah sebuah object dimana proses pembuatan roti disebut sebagai instansiasi. Dalam hal ini sama halnya seperti cetakan roti, sebuah class juga bisa digunakan berkali kali untuk membuat sebuah object, dimana satu object dengan yang lainnya tidaklah memiliki keterkaitan meskipun berasal dari kelas yang sama.

Dalam pembuatan suatu class kita bisa jadikan satu file dengan main class atau juga bisa kita pisahkan menjadi file sendiri. Dimana dalam menaruh program kita di class tersebut, kita tidak bisa sembarang menaruh dalam class tersebut, melainkan kita harus membuat fungsi fungsi, yang nantinya akan bisa kita eksekusi melalui instance object yang telah kita buat.
Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh dibawah ini :
public class Main
{
public static void main(String[] args) {
Penjumlahan p = new Penjumlahan(5,9);
System.out.println(p.hitungPenjumlahan());
Penjumlahan q = new Penjumlahan(7,9);
System.out.println(q.hitungPenjumlahan());
}
}
class Penjumlahan
{
int a;
int b;
public Penjumlahan(int a, int b)
{
this.a = a;
this.b = b;
}
public int hitungPenjumlahan()
{
return a + b;
}
}
Dalam contoh tersebut Penjumlahan adalah suatu class yang memiliki constructor(fungsi yang pertama kali dieksekusi ketika class diinstansiasi) yang membutuhkan passing 2 variable integer. Dimana dalam class tersebut juga terdapat method untuk menjumlahlkan dua bilangan yang telah dipassing pada constructor tersebut.
class Penjumlahan adalah pendefinisian nama class
public Penjumlahan(int a, int b) merupakan constructor dari class penjumlahan tersebut
int hitungPenjumlahan() merupakan method yang digunakan untuk menjumlahkan dua variabel integer yang telah dipassingkan pada constructor tadi
Penjumlahan p = new Penjumlahan(5,9) proses instansiasi dari class penjumlahan yang membentuk object p, dimana object p mengacu pada struktur yang ada dalam class penjumlahan. Keyword new adalah keyword yang digunakan untuk menginstansiasi sebuah object dari sebuah class dimana berikutnya diikuti oleh construcor dari class tersebut.
Operator this adalah operator yang digunakan untuk mengakses variabel yang paling global dari suatu class jika terdapat dua variabel yang memilki nama yang sama dam scope yang berbeda.
Operator (.) dot adalah operator yang digunakan untuk mengakses atribut atribut yang terdapat didalam class yang telah diinstansiasi tersebut.
Didalam contoh tersebut akan menghasilkan dua output yang berbeda yaitu 14 & 16, meskipun berasal dari class yang sama akan tetapi dalam contoh tersebut terdapat dua object yang berbeda. Hal ini membuktikan bahwa tidak ada keterkaitan pada satu object dengan object lainnya meski berasal dari class yang sama
Access Modifier
Didalam contoh tersebut kita juga bisa melihat keyword keyword seperti public , private dan protected , keyword keyword semacam itu disebut dengan access modifier yaitu memberikan spesifikasi akses pada class maupun method.
public : Adalah ditujukan untuk atribut atribut yang dapat diakses oleh siapapun dan dimanapun senyampang masih dalam scopenya
private : Adalah pembatasan akses hanya untuk di dalam class tersebut
protected : Adalah ditujukan untuk atribut atribut yang hanya dapat diakses oleh child class dari class tersebut (child class akan dibahas lebih lanjut pada inheritance)
Encapsulation
Encapsulation adalah proses packing semua variable dalam suatu class menjadi private dan membuat method mutator dan accessor pada class tersebut. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh dibawah ini :
public class Main {
public static void main(String[] args) {
Penjumlahan p = new Penjumlahan(5,9);
System.out.println(p.hitungPenjumlahan());
Penjumlahan q = new Penjumlahan(7,9);
System.out.println(q.hitungPenjumlahan());
}
}
class Penjumlahan {
private int a;
private int b;
public Penjumlahan(int a, int b) {
this.a = a;
this.b = b;
}
public int hitungPenjumlahan() {
return getA() + getB();
}
public int getA() {
return a;
}
public void setA(int a) {
this.a = a;
}
public int getB() {
return b;
}
public void setB(int b) {
this.b = b;
}
}
Dalam contoh sebelumnya variable a dan b tidak memiliki access modifier, sehingga dianggap public oleh java, sekarang kita meletakan access modifier private pada variable tersebut sehingga varibel tersebut tidak dapat dengan bebas diakses dari luar class, sehingga untuk merubah variable tersebut kita memerlukan method yang bernama mutator yaitu public int getA() & public int getB() yang mereturn nilai a dan b. Dan untuk dapat mendapatkan / mengetahui nilai dari a & b kita menggunakan method yang bernama Accessor yaitu public void setA(int a) & public void setB(int b) dimana method tersebut akan meng-assign nilai a dengan nilai a baru yang kita passingkan pada variable tersebut.
Encapsulation ini berfungsi untuk membatasi akses pada variable varibel yang ada didalam class secara bebas dari luar class, sehingga kita dapat membuat program yang lebih efektif dan efisien.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;